September 8, 2013

Azolla | Pakan Ternak Yang Murah

3 comments
 photo azolla_micriphylla_1.jpg

Gulma Yang Membawa Berkah

Azolla adalah tumbuhan paku-pakuan yang mengapung di permukaan air. Selama hidupnya Azolla bersimbiosis dengan alga biru-hijau (Cyanobacteria) yaitu bakteri Anabaena azzollae yang menumpang tinggal dalam rongga di antara rongga daun. Azolla menyediakan tempat menempel dan hasil fotosintesis bagi Anabaena, sedangkan Anabaena memfiksasi nitrogen dari udara dan diberikan untuk Azolla. Hubungan yang saling menguntungkan(Simbiosis mutualisme)ini menyebabkan Azolla dapat tumbuh berkembang secara vegetatif dengan sangat cepat (seperti gulma air) dan mengakumulasi nitrogen dalam jumlah yang sangat besar. Pada simbiosis ini proses penambatan N udara dilakukan oleh ganggang biru dan N yang ditambat diberikan pada tanaman Azolla.

Kandungan N yang tinggi ini membuat Azolla dapat digunakan sebagai pupuk hijau baik di lahan sawah maupun lahan kering. konstribusinya dalam peningkatan produksi tanaman padi tidak diragukan lagi. Hal ini telah dibuktikan di beberapa beberapa negara. Seiring dengan perkembangan pupuk hijau, penggunaan azolla ini kini banyak pula dimanfaatkan untuk budidaya perikanan. Dengan adanya mindazbesi yang menggabungkan mina padi dengan Azolla, selain menjadikannya sebagai pakan perikanan juga konstribusi dapat digunakan untuk peningkatan produksi padi.

Azolla Untuk Pakan Ternak

Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah mengadakan penelitian internasional, turut serta dalam penelitian tersebut adalah Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Azolla mengandung kadar protein tinggi antara 24-30%. Kandungan asam amino essensialnya, terutama lisin 0,42% lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrat jagung, dedak, dan beras. Dengan kandungan protein yang tinggi tersebut Azolla bisa dijadikan pakan alternatif untuk ternak unggas terutama ayam dan itik.

Azzolla mempunyai beberapa spesies, antara lain Azolla caroliniana, Azolla filiculoides, Azolla mexicana, Azzolla rubra, Azolla nilotica, Azolla pinnata dan Azolla microphylla. Dari ke tujuh spesies Azolla tersebut yang paling unggul untuk diaplikasikan sebagai pupuk dan pakan adalah Azolla microphylla


Related posts :







Cari Artikel Seputar Unggas Disini


3 Responses so far

  1. jalu says:

    wah azola belinya di mana ya

  2. Unknown says:

    @Jalu: Untuk bibit azolla bs beli ke kami (Pesona Unggas) hrg Rp. 40.000/kg + ongkos kirim

  3. kegunaan azolla :
    - penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
    - pakan alternatif alami ikan gurame, nila dll / lele sbg sumber serat
    - pakan alternatif ayam, bebek, entog
    - pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit apalagi

    kemarau
    - bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut
    - sebagai pengurai limbah dan tanaman lahan kritis berair misal : bekas galian, air TPA sampah
    - kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

    salam hijau dan kembalikan tanah air kita sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia

    WHAT APPS / TELP / SMS PASTI DIBALES : 089636503911 (asli bandung)

Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini