March 13, 2012

Siapakah Si Jantan Super dan Si Kampung Super

0 comments
ayam jantan super dan ayam kampung super pict

Saya sangat tertarik saat membaca sebuah tulisan di kolom komentar blok puyuh jaya. Nama penulisnya saya lupa, yang pasti penulis ini adalah seorang kreator, secara diam-diam bapak ini mengotak-atik persilangan antar jenis ayam. Saya menduga Bapak ini memang bekerja di sebuah perusahaan peternakan ayam.

Selama ini kita sering mendengar nama ayam jantan super dan ayam kampung super, yang jadi pertanyaan adalah sebenarnya siapakah kedua jenis ayam tersebut? inilah cuplikan tulisan bapak tersebut.

Sekedar info aja buat peternak ayam jantan super dan ayam jawa/kampung super :

1. Ayam jantan super adalah merupakan limbah dari pembibitan ayam ras petelur. produk utama pembibitan ayam ras petelur ada DOC betina (warna kemerahan) sedang DOC jantan adalah limbahnya. dulu ketika saya dibreeder/pembibitan DOC jantan jadi masalah karena waktu tiu (thn 1990) belum ada peternak yang mau membesarkan sebagai pedaging. biasanya kami beserta pembibit lain membakarnya. (per tiga hari di saya saja sekitar 60.000 ekor yang harus dimusnahkan). kadang laku dijual kepasar Rp 100/ekor.
sekarang DOC jantan layer dapat dimanfaatkan sebagai pedaging dg bobot 0.8 – 1 kg dengan masa pemeliharan 10 minggu.

2. Ayam Jawa /kampung super. ini adalah pekerjaan saya diluar perusahaan.yaitu menyilangkan pejantan pembibit pedaging (Parent Stock) biasa saya pake strain Hybro, Abror Acres dll. dengan betina ayam kampung asli. hasilnya luar biasa anak keturunannya pertumbuhan sangat cepat dibandingkan dengan induk betina (kampung). kurang 60 hari (6 minggu) saja sudah mencapai 1kg. kelemahannya adalah warna bulunya masih dominan putih dengan diselipi warna hitam. (konsumen curiga ini ayam ras pedaging katanya).
Jenis ayam ini sekarang banyak dikembangkan di daerah jawa, maka disebut ayam jawa.

3. Ayam kampung Asli. ini benar-benar asli. warna bervariasi, layaknya ayam kampung. sifat asli ayam kampung dengan pertumbuhan lambat. Kadang ayam kampong ini disilangkan dengan ayam jantan Bangkok atau pelung.

4. Ada lagi, DOC hasil persilangan ayam betina Arab dengan jantan layer, hasilnya seperti ayam jantan super tadi (point 1).

5. Ada lagi, ayam kampung Aksas (Ayam kampung Anwar sierad), warna bulu hitam. Sudah tidak beredar. Konsumen tidak suka.

6. Ada lagi ayam kampung Super dari pokphan, sudah tidak beredar karena pertumbuhan tidak merata. Warna bulu bervariasi.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita...

Tags :


Related posts :







Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini