July 24, 2013

Membuat Kapsul Thermostat Wafer

0 comments
 photo thermostat_wafer_zps2c3c76d7.jpg

Anda dapat membuat sendiri kapsul thermostat wafer yang selama ini hanya dapat diperoleh dari perusahaan yang memproduksi peralatan inkubator. Walaupun itu bukan hal yang mudah tapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Selain dapat digunakan sendiri dalam menyediakan peralatan inkubator, jika Anda sudah mahir dan tersedia bahan-bahan dasarnya, tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan usaha produksi thermostat.
 photo Publication5_zpsb1d0abbf.jpg

Cara Membuat Kapsul Eter Ganda

1. Ambil empat lempeng tembaga atau kuningan dengan ketebalan sekitar 0,5-0,8 mm. Dengan cara menggunting, buatlah 4 buah bentuk bulat dengan diameter 6 cm atau 6,5 cm (di pasaran ukuran diameter kapsul thermostat ada yang 6 cm dan 6,5 cm)

2. Buatlah cetakan dari kayu (seperti pada Gb)untuk membuat alur konsentris. Letakkan bulatan lempeng kuningan/tembaga diantara kedua cetakan dan tekanlah cetakan kayu untuk mendapatkan pola alur konsentris.

3. Dari dua buah bulatan pelat kuningan/tembaga gabungkan agar terbentuk kapsul dengan cara menyolder tepi-tepinya. Untuk membuat kapsul ganda, dua kapsul yang sudah ada gabungkan jadi satu, dengan membuat lubang ditengah-tengah gabungan kedua kapsul tersebut.

4. Buat lubang kecil (selebar jarum suntik). Dengan menggunakan jarum suntik, masukkan sejumlah kecil eter ke dalam kapsul ganda tersebut. Eter adalah cairan yang sangat volatile, lubang kecil harus disolder segera agar eter tidak keluar.

Berhati-hatilah dalam menyuntikkan eter sebab cairan ini mudah terbakar. Tidak ada aturan yang pasti untuk jumlah eter yang digunakan. Termostat harus disesuaikan kemudian. Jika terlalu sedikit eter yang digunakan maka kapsul tidak dapat mengembang secara maksimal. Jika terlalu banyak digunakan, Anda hanya perlu untuk menyesuaikan termostat dengan memutar baut penyangga untuk penyesuaian suhu. Oleh karena itu lebih baik menggunakan terlalu banyak daripada terlalu sedikit eter.

5. Kapsul eter ganda sekarang sudah jadi. Bagian atas disolder dengan mur untuk mengaitkan baut penyangga, dan bagian bawah kapsul disolder dengan lempeng kuningan/tembaga bentuk bulat kecil berfungsi untuk kontak dengan micoswitch.

Jika Anda ingin menyempurnakan pembuatan thermostat wafer, maka perlu dirancang pula rangka thermostatnya. Rangka thermostat dapat dibuat dari plastik atau dari aluminimum dengan desain seperti pada gambar di atas.

Semoga bermanfaat.


Related posts :







Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini